Senin, 30 Juni 2008

Windows Vista - Mengoptimalkan Akses dengan Menggunakan Ready Boost

Windows Vista telah dilengkapi dengan fasilitas Ready Boost yang akan mempercepat proses akses ke Windows Vista. Kinerja sistem boost ini menggunakan USB Flashdisk sebagai tambahan untuk caching.
Suatu disk drive komputer tidak hanya digunakan untuk membaca dan menulis data aplikasi dan dokumen. Sistem operasi juga menggunakan disk drive ini sebagai paging files dan system cache. Hal ini berakibat proses baca tulis ke disk mengalami bottleneck dan menjadi lebih lambat, bila dibandingkan dengan baca dan tulis ke physical memory (RAM).
Windows Vista memperkenalkan Windows Ready Boost sebagai salah satu cara mengurangi dampak kinerja yang berhubungan dengan proses baca tulis system cache.
Dengan Windows Ready Boost, USB flashdisk dapat digunakan untuk memperluas disk caching guna meningkatkan kemampuan memori utama komputer. Dengan cara ini Windows Vista dapat membaca secara cepat dan acak dengan memanfaatkan caching data yang ada pada USB flashdisk sebagai pengganti harddisk. Karena caching ini berlaku bagi semua isi harddisk, tidak hanya page file atau system dynamic link libraries (DLLs), secara keseluruhan kinerja komputer akan menjadi lebih cepat sampai 10 kali daripada physical disk drive.
USB flashdisk yang dapat digunakan untuk Windows Ready Boost diantaranya adalah USB 2.0 flash device, Secure Digital (SD) Cards, dan Compact Flash Cards. Device ini harus memiliki kecepatan baca tulis yang cukup tinggi dengan sisa memori paling sedikit 512 MB. Untuk menggunakannya ikuti langkah berikut:
1. Masukkan USB flash disk anda, kemudian pada kotak dialog AutoPlay, pilih Speed up my system.
2. Pada kotak dialog Drive Properties-tab ReadyBoost, lakukan pengaturan alokasi memori yang akan digunakan untuk mempercepat sistem
3. Klik OK.
Perlu diketahui bahwa selama USB flashdisk digunakan untuk ReadyBoost, maka kapasitas memori yang digunakan untuk ReadyBoost itu tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Dan untuk menghentikan menggunakan ReadyBoost, lakukan langkah berikut:
1. Klik kanan pada USB flashdisk di windows explorer – pilih Properties.
2. Pada tab ReadyBoost pilih Do not use this device.
3. Klik OK.
Sumber : Vista Tune Up Quick ‘n Easy, Gradiyan BP, Info Komputer, 2008.

Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



2 komentar:

  1. wah, udah coba maenin regeditnya blom mas?

    BalasHapus
  2. mantap banget om pencerahannya ntar aku cobaaan

    BalasHapus