Senin, 19 Januari 2009

Solusi Masalah Boot Windows XP

Windows XP
Bagi anda yang bekerja menggunakan komputer dengan sistem operasi windows xp, mungkin ini saatnya anda selalu menyertakan CD instalasi windows tersebut untuk menyertai kemana komputer itu anda bawa. Banyak sekali masalah yang timbul menyerang komputer kita dan dapat diselesaikan dengan menggunakan CD instalasi windows tersebut. Terutama apabila kita menemukan masalah kegagalan boot, yang sebagian besar solusinya ada di tangan CD instalasi tersebut.

Perlu kita ketahui juga bahwa dalam proses booting, windows akan melewati beberapa tasking atau tahapan sebelum siap digunakan. Berikut ini adalah beberapa tahapan booting pada Windows XP, dan di tiap tahapan ini sering kali terdapat masalah yang mengakibatkan kegagalan booting itu sendiri.

1. Tahap pertama, Inisialisasi BIOS. Kegagalan dalam tahap ini jarang sekali ditemukan, kecuali komputer pernah mengalami kejutan listrik seperti terkena petir atau kejutan listrik lainnya yang menyebabkan BIOS rusak. Habisnya baterai BIOS pun tidak akan menyebabkan kegagalan dalam tahap ini.

2. Tahap kedua, Inisialisasi Master Boot Record (MBR). Dalam tahap ini BIOS memeriksa MBR dan memulai sekuens booting. Kegagalan dalam tahap ini biasanya akan muncul pesan "Missing Operating System" sehingga akses ditolak. Solusinya adalah dengan cara menulis ulang MBR. Caranya, Booting dengan CD instalasi Windows XP --> pilih Recovery console atau Tekan R selama proses booting CD. Ketika sudah muncul recovery console nya ketik fixmbr. Maka windows akan memperbaiki MBR yang rusak.

3. Tahap ketiga, Inisialisasi Partition Boot Record (PBR). Dalam tahap ini tasking yang dijalankan adalah memeriksa tersedianya file booting yang dibutuhkan. Kegagalan dalam tahap ini, yaitu partisi tidak dikenali akan memunculkan pesan "Invalid Partition Table". Solusinya adalah dengan menggunakan tools TestDisk dan pilih "Fix Partition Table" atau "Recover Deleted Partiotion". Tapi mohon maaf, saya tidak memiliki tool tersebut.

4. Tahap keempat, Inisialisasi NTLoader. Pada tahap ini PBR mengaktifkan ntldr.exe yang me-load boot-manager boot.ini. Kegagalan dalam tahap ini adalah tidak ditemukannya file ntldr.exe, atau dengan pesan error "NTLDR is missing". Solusinya yaitu dengan mengcopykan file ntldr.exe lewat recovery console (boot dengan CD instalasi Windows). Caranya ketikkan fixboot c: pada recovery console, lalu copy file ntldr dari CD setup ke harddisk dengan mengetikkan copy d:\i386\ntldr c:.

5. Tahap kelima, Inisialisai Boot Menu. Pada tahap ini file boot.ini akan menampilkan menu boot, atau dalam kondisi default user secara otomatis memilih Windows XP. Kegagalan dalam tahap ini adalah tidakk ditemukannya file boot.ini dengan pesan error "Invalid boot.ini". Solusinya adalah dengan memperbaiki sektor boot. Caranya masuk ke dalam recovery console (booting dengan menggunakan CD Instalasi Windows) dan ketikkan bootcfg /rebuild.

6. Tahap keenam, Inisialisasi NTdetect. Pada tahap ini tasking yang dijalankan adalah pemeriksaan terhadap semua komponen hardware yang terpasang. Kegagalan dalam tahap ini merupakan crash dengan pesan error. Biasanya anda akan mendapatkan pesan error "NTLDR is missing" atau "Disk I/O Error, Error=0000 10000 NTdetect". Solusinya adalah mengcopykan kembali file ntdetect yang hilang. Caranya masuk ke dalam recovery console (booting dengan menggunakan CD Instalasi Windows) dan mengcopykan file ntdetect.com dari CD setup XP ke dalam harddisk, dengan mengetikkan copy d:\i386\ntdetect.com c:.

7. Tahap ketujuh, Aktifasi Kernel/HAL. Pada tahap ini tasking yang dijalankan adalah mengaktifkan Kernel Windows dan Hardware Abstraction Layer (HAL). Kegagalan dalam tahap ini biasanya ditandai dengan blue screen. Booting dihentikan dengan "Blue Screen of Death". Bila aanda mengalami kegagalan dalam tahap ini solusi terbaik adalah dengan memformat ulang instalasi windows XP anda.

8. Tahap kedelapan, Aktivasi Driver. Pada tahap ini XP mengaktifkan semua driver hardware yang dibutuhkan dan diberikan status activated dalam registry. Kegagalan dalam tahap ini biasanya ditandai dengan blue screen dengan pesan error "IRQ_LESS_OR_EQUAL". Solusinya adalah dengan Safe Mode Booting. Caranya, tekan F5 saat proses booting sampai keluar setup menu. Pilih safe mode dan biarkan windows berjalan dalam safe mode. Buang atau Uninstal driver yang rusak. Bila tidak membantu cobalah men-disable hardware yang error tersebut pada device manager. Atau bila memungkinkan lepaslah hardware yang error tersebut dari komputer anda.

9. Tahap kesembilan, Inisialisasi Kernel. Pada tahap ini ntloader menyerahkan kekuasan pemerintahan kepada kernel windows. Kegagalan dalam tahap ini ditandai dengan windows hang pada proses "Windows is Starting Up". Solusinya adalah dengan minta bantuan dari Microsoft. Caranya lewat internet masuk ke alamat http://support.microsoft.com/kb/314477/. Di sini para developer windows akan memberikan pilihan solusi untuk beberapa kemungkinan kesalahan.

10. Tahap kesepuluh, Mengaktifkan services. Pada tahap ini tasking yang dijalankan adalah mengaktifkan service smss.exe, winlogon.exe, Isass.exe, dan services.exe. Kegagalan dalam tahap ini sering ditandai dengan dengan blue screen atau pesan kesalahan yang tidak jelas. Tidak jarang windows hang begitu saja. Waspadai bila anda adalah korban dari trojan. Caranya masuk ke dalam safe mode dan coba delete malware ini. Apabila anda tidak bisa sampai ke desktop cobalah memperbaiki XP dengan CD setup. Install ulang mungkin jalan terakhir yang dapat dilakukan.

11. Tahap kesebelas, Login. Pada tahap ini windows meminta input nama pengguna dan password. Kegagalan dalam tahap ini biasanya ditandai dengan pesan error "incorrect user name or password". Coba ulangi kembali memasukkan password anda.

12. Tahap keduabelas, XP siap bekerja. Banyak masalah dapat terjadi dalam tahap ini. Namun beberapa masalah dapat diatasi dalam safe mode.

Sebuah tips ringan apabila anda tiba-tiba menemukan kesalahan dalam komputer anda, padahal sebelumnya anda mengoperasikan dengan status normal. Anda dapat mencoba mengembalikan konfigurasi awal sebelum masalah itu muncul, yaitu dengan cara tekan F5 pada saat proses booting sampai keluar startup menu. Pilih Last Known Good Configuration (your most recent settings that worked). Ini adalah langkah awal yang paling mudah untuk mengatasi masalah yang tiba-tiba muncul.

Selamat mencoba..

Gambar


Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



17 komentar:

  1. yups tip ringannya sangat membantu om..

    BalasHapus
  2. weits kang aktif lagheee nih, wah informasi yang sangat membantu nih buat saya...kang

    BalasHapus
  3. sipp kang ini yang aku cari selama ini thanks, oh iya kang cuma mau nambahin aja untuk testdisk dapat di download disini

    BalasHapus
  4. wah ga berani deh utak atik, biasa langsung bawa toko kompi :D

    BalasHapus
  5. @Subagya: terimakasih kang Subagya, hanya sharing apa yang pernah saya baca koq.. he.he.he..

    @Harry Seenthings: aktif lagi.. mumpung ada waktu lowong... Iya kang sama-sama, semoga bermanfaat..

    @Oeoes: *Wiiihhh... ada masternya... jadi gak enak body ne..* Waah.. kang Oeoes terimakasih banyak atas linknya.. semoga membantu yang lain bila ada yang punya masalah tahap tiga..

    @Tony: Iya kang Tony... mungkin itu adalah langkah yang paling mudah dan sangat kecil resikonya... Mungkin bila kang Tony berkenan belajar lebih dalam lagi, silakan dicoba aja tipsnya.. he.he.he..

    BalasHapus
  6. Saya masih boleh komentar gak yah..

    sudah lama bahkan mungkin terlalu lama..
    tapi itu bukan soal.

    Ada yang ingin ditanyakan nih.. (soal XP) tapi nanti saja lah..lewat jalur lain. :)

    Eh.. posting sebelum ini tuh.. postingan buat.. he..he..

    (karena tujuan mas ketut sudah (setidaknya) sedikit tercapai.. kapan saya diajak makan bebek goreng nih.. saya tunggu di pertigaan deket rumah :p )

    BalasHapus
  7. Tipsnya maknyus, tunggu tips lainnya :)

    BalasHapus
  8. @Firdaus: Wakakakak... ampyun kang.. Kalo masalah postingan itu mungkin kang Firdaus sudah tahu.. kalo itu menunjukkan ketidakkon@#$%ennya saya.. he.he...

    Kalo ada yang ditanyakan masalah linux.. waahh kang firdaus masternya... kalo XP kang Oeoes.. he.he..

    @OOM: *Wiiihhh.. O-om datang ke gubug saya... waduuuh... Masih kotor lagi..*

    He.he.. iya Om.. terimakasih banyak... *waahh.. tambah semangat ne..*

    BalasHapus
  9. kang firdaus datang, aku ikutan donk kalu ada traktiran :d

    BalasHapus
  10. hore......kang rias nongl lage.....salaman dulu yuk Kang....

    BalasHapus
  11. Ohh fixmbr yah? baru tau, kadang pernah nemui masalah seperti itu

    BalasHapus
  12. ikut donk absen donk pak guru...hayo baris satu satu absen

    BalasHapus
  13. Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

    BalasHapus
  14. waaah... ndak ngertiiii....

    BalasHapus
  15. @Mas Ketut : Wah.. ini bukan mau bilang gitu kok.. MURNI keinginan Bebek goreng di bayarin ama pak kumendan. Mas Oes kalo ikut boleh.. tapi abis makan bebek harus nraktir saya juga... Es Dawet Ayu. Mau nggak?.. Ok. saya tunggu di perempatan.

    @Tyas : . . . Halah.. nanti privat aja mbak (ngisin2i adikke)

    BalasHapus
  16. @Oeoes: Ayo.. ayo.. siapa lagi yang mau ditraktir... ditunggu di perempatan ya.. he.he.he..

    @Gus: Eh... iya sampe lupa salamannya... Maaf kang Gus... Salaman dulu deh...

    @Advertising Design: Iya kang.. jarang kita gunakan cara itu, karena install ulang windows mungkin lebih praktis...

    @Edisamsuri: *Waduuuhh... dah diabsen ma pak guru...* Riasmaja hadir pak Guru..!!

    @Hapi: Thanks for giving a comment in this article.. I'll visit yours and give it mine too..

    @Tyas: *Waaahhh... ada mbak e...* Mmmm... mbak Tyas.. apa kabar..?

    *nah loh bingung mau ngomong apa... hiks.. kabuur...*

    @Firdaus: Kang Firdaus ma kang Oeoes aja ya... tapi ngajak mbak Tyas juga boleh loh.. he.he.he..

    BalasHapus
  17. kok bisa ya, waktu kita isntal windows selalu terjadi error

    BalasHapus