Sabtu, 21 Maret 2009

Facebook Mencuri Perhatian dan Waktu

Riasmaja Weblog-Facebook Mencuri Perhatian dan Waktu
Sebuah social network yang bernama Facebook telah menjadi sebuah fenomena baru dalam 1 tahun terakhir ini.. Sebuah tren yang mungkin sangat terlambat bagi saya untuk mengetahui dan mengenalnya. Setelah skeptis dan memandang sebelah mata terhadap Friendster yang terlebih dulu booming, saya putuskan hanya blogginglah satu-satunya yang bisa menajari saya bagaimana cara berbagi dan berinteraksi dengan para blogger yang lain tanpa mengesampingkan essensi dari proses pembelajaran yang ditawarkan oleh blogosphere.. Sampai tibalah saya pada sebuah pelajaran baru tentang Facebook yang sayapun menganggapnya sebagai duplikat Friendster dan langsung saya beri nilai merah seperti halnya Friendster. Tidak adil memang... Namun seperti itulah yang sudah saya lakukan.

Namun sekitar sebulan lebih kemarin, ketika kesempatan untuk update blog dan sekitar kegiatan blogging sangat terbatas, saya menjadikan Facebook ini sebagai pelarian saya. Dan hasilnya di luar dugaan saya... Saya tertular virus Facebook ini dengan cepat, bahkan rasa demamnya masih saya rasakan sampai sekarang.

Sebuah kemudahan yang saya dapatkan ketika saya jauh dari laptop dan sambungan internet yang biasa saya gunakan, Facebook menawarkan mobile Facebook sebuah tampilan minimalis khusus diperuntukkan untuk platform mobile seperti handphone, smartphone, pocket PC, dan yang paling tren saat ini yaitu blackberry. Sementara yang biasa saya gunakan adalah pocket PC, yang memiliki browser standar mobile internet explorer yang sudah terbundle di dalamnya. Mengasikkan memang.. Ketika saya sudah mulai terbius dengan kemudahan aksesnya, saya mencobainya di notebook saya. Dengan tampilan yang komplit, saya dengan mudah mengexplore semua fasilitas yang ada di dalam Facebook, dari fasilitas link posting, chatting sampai permainan game online pun saya coba.

Ketagihan?? Ya... itulah yang saya alami sekarang sampai-sampai saya secara tidak sengaja mulai meninggalkan blog tercinta ini yang notabene sudah mulai saya jadikan sebagai ladang dollar saya... Sayang banget memang.. dan akhirnya blog inipun tidak terurus.

Mencoba bersikap adil, sengaja postingan artikel ini saya ketik dengan menggunakan PPC saya seperti yang biasa saya gunakan untuk ber-facebook ria.. Agak kagok memang.. tapi saya harus menemukan kemudahan seperti yang pernah saya temukan pada facebook. Apabila anda mendapati tulisan pada artikel ini tidak serapi seperti tulisan saya sebelumnya, saya mohon anda memakluminya. Sekali lagi ini saya lakukan karena saya tidak ingin kehilangan teman-teman saya di sini seperti yang pernah saya alami dulu.. Saya masih ingin terus bermain disini dan menjadikan blog ini sebagai social networking utama saya.

Apakah anda juga mengalami hal yang sama dengan saya..? Itu semua tergantung kepada masing-masing anda. Apabila anda sudah bisa memanage waktu itu lebih baik... Namun apabila Facebook telah mencuri perhatian dan waktu anda dari blogosphere, maka anda harus cepat-cepat sadar dan menata kembali waktu anda, baik untuk blogosphere maupun pekerjaan riil anda..

Bagaimana menurut anda..??

Postingan ini telah diedit dan dirapikan dari versi aslinya demi kenyaman anda dalam membacanya


Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



28 komentar:

  1. wah emamng bener sekali nih kang....dengan fb aku jadi keasyikan

    BalasHapus
  2. emang facebook an asik banget.. jd lupa waktu deh..

    BalasHapus
  3. obama aja sukses kampanye dengan facebook..kok di indonesia ga begitu gencar ya kampanye para caleg dengan facebook..

    BalasHapus
  4. awalnya aku lebih suka twitter (soale ada program monetise-nya, tweetad), tapi ketika dengan facebook aku bisa ketemu dengan teman2 kuliah dan kkn dulu (setelah hampir 10 tahun tidak tahu kabarnya), kontan saja aku jatuh cinta dengan facebook...

    BalasHapus
  5. betul om, facebook memang mencuri perhatian kita semua tak terkecuali obama

    BalasHapus
  6. Postingnya menarik baget ni keren be ge te daah..
    hahaha..

    Salam kenal ya.
    ngomng2 silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan berkomentar ria ya, soalnya BLOG HEBOH udh make sistem Dofollow

    Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
    Di tunggu yah kedatangannya,.

    BalasHapus
  7. Yoi bos
    temen2 sekelas saia lg addicted bgt sm fb
    pokoke lg happening

    BalasHapus
  8. facebook emang bikin kecanduan n juga bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan tambahan :)

    BalasHapus
  9. cobain ngaskus bro, lebih ketagihan gila n lebih bermanfaat dari fb, ya walaupun gw juga punya fb, tapi kl fb itu cuma buat yg becanda2 aja, ga yg buat serius, hehe...

    BalasHapus
  10. hmmh facebook emang begitu cepat mencuri perhatian. semua di rumah (ayah bunda dan anak2) aktif di facebook karena jadi mudah utk sosialisasi. ketemu juga dengan teman2 lama yg sudah sekian tahun ga ketemu..bahkan dgn temen saat SD..

    salam kenal

    BalasHapus
  11. wah bahaya juga ternyata facebook ya..:D kalo saya sich tidak terlalu ngurusin facebook saya.. soalnya temennya masih dikit:))

    BalasHapus
  12. salam blog boss, wah aku baru daftar facebook...untuk panduan, tutorial,belajar blog
    http://bloggertoblog.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Saya pernah baca di sebuah blog, katanya beberapa perusahaan besar mulai memblokir situs fb krn dianggap mengganggu produktifitas. It means...........artikan sendiri deh..

    BalasHapus
  14. bener sekali. tapi facebook saya gak saya terlalu urusin, takut ketagihan. menurut saya sih lebih baik ngurusin blog. coz, menambah kemampuan menulis.

    BalasHapus
  15. yup... smuanya terkena virus facebook...hehehe...

    BalasHapus
  16. iya juga ce!slah satunya adlah driku :D

    BalasHapus
  17. Welehh... welehh... demam FB emang lagi melanda indonesia yak... gak ketinggalan juga para bloggernya. hehe

    BalasHapus
  18. Bener bgt bos..tua muda cew cow pd terkena virus FB..

    BalasHapus
  19. aku juga kena nih. cuman belum parah (semoga tidak :) )
    caleg juga sebenarnya banyak yg pakai Fb tapi gak tahu hasilnya gimana.

    BalasHapus
  20. maen FB jadi g unget waktu...jgn" ampk ad yang lupa makan...hehehehehe:D
    FB memang buat org ketagihan

    BalasHapus
  21. FB emang asik fren, bikin lupa waktu! Byk temen2 yg ketagihan, FB-an dikantor & produktifitas menurun! Sekarang gak bisa lagi fren, diblokir......

    BalasHapus
  22. Facebook = chating versi modern. Chating = ngobrol ngalor ngidul tanpa ada juntrungannya.

    BalasHapus
  23. waduh klo saya mah ga mudeng menggunakan facebook. jadi ga bakal ketagihan, he he he

    BalasHapus
  24. Aku malah sejak sign up,ndak pernah login lagi he..he

    BalasHapus
  25. Yang jelas, FB telah mempertemukanku dengan banyak teman lama waktu kuliah dulu..

    BalasHapus
  26. Saya jarang banget buka facebook... sampe lupa password nihh..

    BalasHapus
  27. Ya nih Face book suka bikin lp waktu. addictive buanget. abis enak sih. tapi nggak apa jg ya, skalian sosialisasi..

    BalasHapus
  28. wah kang riasmaja pesbukan juga yah :D

    BalasHapus