Kamis, 21 Agustus 2008

Nenek Moyang WEB bukan dari Amerika!!

Riasmaja WeblogWorld Wide Web adalah sistem pengaksesan dokumen hypertext terpadu/interlinked. Dengan sebuah web browser seorang pengguna dapat melihat halaman Web yang bisa terdiri dari text, image dan video atau file multimedia yang lain, serta dapat bernavigasi di antara file-file tersebut dengan menggunakan hyperlink.

World Wide Web (WWW) atau yang kita kenal dengan sebutan Web saja, diperkenalkan pada tahun 1994 di Massachusetss, Cambridge, Amerika Serikat, yang kemudian menjadi Internet yang kita kenal sekarang. Hal itulah yang menyebabkan sebagian besar kita mengetahui bahwa internet lahir dari Negeri Paman Sam Amerika.

Dengan pengaruh yang luar biasa Amerika berhasil mengukuhkan diri sebagai negara tempat internet dilahirkan, sehingga seolah-olah membuat suatu “image deception” atau pengelabuhan gambaran tentang cikal bakal ditemukannya web untuk pertama kalinya.

Lantas siapakah yang pertama kali menemukan web? Dan dimana pertama kali web itu ditemukan?

Riasmaja WeblogWorld Wide Web dirancang pada tahun 1989 dan diluncurkan atau dirilis di tahun 1992, dengan sebuah proposal yang diterbitkan oleh Sir Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan yang bekerja di CERN (Conseil Europeean pour la Recherche Nucleaire), sebuah fasilitas penelitian ilmu pengetahuan terbesar di dunia yang bertempat di Genewa Swiss.

Web dimulai dari CERN sebagai jaringan situs komputer internal (WAN). Teknologi ini memungkinkan para ahli yang bekerja di CERN, yang terbagi ke dalam berbagai divisi, untuk berbagi penemuan mereka dengan rekan kerja yang lain pada setiap harinya.

Riasmaja WeblogSebelumnya di tahun 1980, Berners-Lee telah menulis ENQUIRE (merujuk pada sebuah buku yang ia tulis Enquire Upon Everything), yang merupakan cikal bakal dari sebuah desain world wide web, walaupun sistemnya agak sedikit berbeda dengan yang digunakan sekarang ini, namun beberapa inti dari ide tersebut masih dipergunakan sampai saat ini.

Pada tahun 1989 Berners-Lee mengajukan proposal pertamanya tentang World Wide Web, dan pada tanggal 12 Nopember 1990 dengan bantuan Robert Cailliau, dia mempublikasikan sebuah proposal yang lebih formal lagi tentang World Wide Web tersebut.

Dalam proses pembuatan model Webnya, Benners-Lee menggunakan NeXTcube, sebuah workstation produksi Motorolla, yang merupakan web server pertama di dunia. Dan dengan workstation itu pula di akhir tahun 1990 Berners-Lee telah berhasil membuat tools yang dibutuhkan untuk bekerja menggunakan web yaitu web browser, web server dan web page pertama di dunia.

Komputer seperti apakah NeXTcube yang telah mencatatkan sejarah sebagai komputer web server pertama di dunia? NeXT Computer dan NeXTcube merupakan komputer sersver/workstation produksi Motorolla yang digunakan pada masa tahun 1988 sampai 1993 dengan menggunakan sistem operasi yang diberi nama NeXSTEP. Komputer ini memiliki dimensi tidak lebih dari 305 milimeter (30,5 cm) pada sisi terlebarnya. Yang pada masanya dijual dengan harga 6500 USD.

Riasmaja WeblogSpesifikasi dari komputer tersebut adalah:

Type : Workstation
Release date : 1988
Discontinued : 1993
Operating system : NeXTSTEP, OPENSTEP, NetBSD (limited support)
CPU : Motorola 68030 (NeXT Computer) dan Motorola 68040 (NeXTcube)
Memory : 8MB - 16MB (NeXT Computer) dan 8MB - 64MB (NeXTcube)
Sungguh harga yang sangat mahal untuk komputer jaman sekarang..

Dan berkat inovasinnya tersebut Sir Tim Berners-Lee bersama CERN mendapatkan sebuah penghargaan untuk kategori Inovasi Budaya di Era Digital atas penemuan World Wide Web dari Organisasi Ars Electronica.

PENGHARGAAN ARS ELECTRONICA
Untuk Inovasi Budaya di Era Digital
Diberikan kepada Tim Berners Lee dan CERN
Atas Penemuan WORLD WIDE WEB

Sedikit mengenai Ars Electronica yaitu sebuah organisasi yang berdiri di Linz Austria, dibentuk pada tahun 1979 dalam sebuah festival art technology and society yang merupakan bagian dari festival yang digelar oleh International Bruckner Festival. Ars Electonica resmi berdiri sendiri pada tahun 1986, mulai menggelar festivalnya sendiri di tahun 1987, dan pada tahun itu pula organisasi tesebut juga mulai memberikan penghargaan dan publikasi untuk inovasi di bidang ciberarts.

Pada tahun 1994 Sir Berners-Lee hijrah ke Amerika untuk mengembangkan hasil karyanya tersebut. Dengan disponsori oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dan European Commission dia bergabung di Massachusetts Institute of Technology Laboratory for Computer Science (MIT/LCS) di Cambridge Amerika Serikat. Dari sinilah masyaratkat awam mengetahui bahwa cikal bakal internet ditemukan..

Masihkah anda mengira bahwa nenek moyang internet berasal dari Amerika..??


Sumber: Wikipedia.org
1. Gambar Atas
2. Gambar Tengah Kiri
3. Gambar Tengah Kanan
4. Gambar Bawah



Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



24 komentar:

  1. 6500 USD??? are you kidding??? gila. mending beli motor dapat brapa tuh. heheheeh mantap juga ini informasinya bro. hehehe sangat berguna bagi pecinta ilmu pengetahuan ya..

    BalasHapus
  2. TE O PE BE GE TE DAH postingannya

    BalasHapus
  3. Hihiiii.. Ternyata oh ternyata...

    Wah postingan yg mantap nie...

    Salam..

    BalasHapus
  4. Selalu ada yang mencerahkan.....ga salahkan saya berteman dengan Kang Rias....

    BalasHapus
  5. yang pasti nenek moyangku seorang pelaut :D

    BalasHapus
  6. @Revarius: harga segitu kalo dibandingkang dengan hasil yang didapat mungkin gak ada apa-apa nya kang.. kalo bagi kita se... wuuiihh.. mahal banget tuh..

    @Iksan: eeitt.. terimakasih kang..

    @Wendra Wijaya: salam juga kang.. terimakasih..

    @Gus: walaaaahh.. ngomong apa to kang Gus ini.. berteman kan sama siapa saja kang.. *he.he.he.. jadi terharu ne..* Terimakasih kang..

    @gunawanwe: ya.. betul kang.. kayak lagu gitu..

    BalasHapus
  7. wah kang..maaf saya telat komen nie..hikzz..tapi info ini perlu juga diketahui biar ga cuma taunya WWW doang..hehehe..

    BalasHapus
  8. itu om Berners rambutnya sampe jigrig gitu..
    kebanyakan mikir www..
    kalo kebanyakan ngeblog bakal jigrig gitu juga nggak ya..?

    BalasHapus
  9. Ternyata dalam hal apapun Amerika ngga mau kalau ya....segala cara dilakuakn untuk menjadikan mereka tetap terbaik dan pertama

    BalasHapus
  10. Ini infonya keren banget..cukup mengubah pandangan banyak orang..tapi sejauh ini, Jovie gak pernah ngira kok kalo internet berasal dari Amerika...

    kayak ilmu matematika, aljabar, biologi, dll juga dianggap dari amerika padahl aslinya bukan Amrik...

    so, itulah kekuatan negara Paman Sam...selalu aja berhasil mencurangi dan mengubah pandangan orang..dan anehnya mereka tetep jadi negara adikuasa..

    Btw, thanks Om Infonya..

    BalasHapus
  11. weitss... ada yang barrru... he..he..

    makasih sudah mengingatkan mas..
    semangat teruss yah..

    BalasHapus
  12. cerah nie ilmu dengan membaca postingan MAS RIARMAJA

    BalasHapus
  13. maaf maksud saya postingan MAS RIASMAJA bagus banget sorry komentnya 2x soalnya tadi salah ketik nama

    azwar :)

    tapi sebelum di liat kabur dulu ah..

    BalasHapus
  14. Nice post..
    BAru tahu saya

    BalasHapus
  15. @Blogger Addicter: gak papa telat kang.. yang penting komen.. he.he.he..

    @Tyas: kalo ngeblognya sambil mikir ya pasti jigrig juga tuh mbak.. he.he.he..

    @Edisamsuri: Iya kang.. udah bawaan orok kali ya.. he.he.he..

    @Koekoeh: terimakasih kang..

    @Jovie: Iya mbak.. Amerika memang gak mau kalah.. semoga ini bisa nambah sedikit info bagi yang belum mengetahuinya..

    @Firdaus: Iya kang.. terimakasih..

    @Kapanpun: - eitt.. salah nama...
    - nah ini baru bener.. he.he.he.. terimakasih kang..

    @silo: Terimakasih.. kita saling sharing ya..

    BalasHapus
  16. wah..jujur sebagai pengguna internet mike ga pernah tau masalah asal-muasal web..hehehe..brarti waktu mike lahir emang lom ada internet yakz..

    BalasHapus
  17. @Mike: iya kang.. soalnya lahirnya baru 14 tahun yang lalu.. he.he.he..

    BalasHapus
  18. hmmm...pembohongan publik ya ternyata... benar-benar Amerika.

    BalasHapus
  19. @Subagya: iya kang.. biasa Amerika.. he.he.he..

    BalasHapus
  20. wah,..baru tau nih info ini, berguna buat yang haus ilmu,..:P

    BalasHapus
  21. @Yohanes A Cahyo: terimakasih kang.. semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  22. wahh..saiah lebih terkesan dengan orang yang bisa menemukan internet yang sedang saiah gunakan untuk nulis comment ini..bisa-bisanya orang2 itu menemukan sesuatu yang sehebat ini...luar biasa...

    BalasHapus
  23. Memang bener yah, memang amerika ngaku2 aja kaya malingsia donk. Dengan negara yg superpower dan kekuatan media mereka bisa membuat apa aja jadi milik mereka

    BalasHapus