Minggu, 24 Agustus 2008

Sekilas tentang Google Knol

Knol adalah proyek berupa situs web yang direncanakan Google untuk berisi artikel-artikel yang dibuat oleh pengguna dengan ruang lingkup dari "konsep ilmu pengetahuan hingga informasi medis, dari geografi dan sejarah sampai hiburan, dari informasi produk, sampai instruksi cara membetulkannya." Knol diumumkan pada tanggal 13 Desember 2007 dan akhirnya dibuka bagi publik pada tanggal 23 Juli 2008 dengan beberapa ratus artikel. Situs ini dianggap sebagai usaha Google untuk menyaingi Wikipedia.

Situs ini kini sedang dalam versi beta dan bersifat pribadi, dan permintaan untuk membuat "knol" hanya oleh undangan. Knol merupakan istilah yang menurut Google berarti "satu unit ilmu pengetahuan".


Riasmaja Weblog
Definisi di atas sengaja saya ambil langsung dari wikipedia Bahasa Indonesia, setelah beberapa saat lalu saya menerima sebuah email yang membahas tentang Google Knol. Banyak blog dan website yang sudah membahas dan memberitakan tentang Google Knol ini, yang pada intinya dapat saya tarik sebuah kesimpulan yang mengarah pada definisi di atas.. Dan di sini saya akan mencoba menjelaskan beberapa poin dari definisi tersebut..

1. Proyek berupa situs web yang direncanakan (dirancang) oleh Google..
Knol dapat kita akses dengan sangat mudah. Tinggal kita ketik alamat knol.google.com atau klik di sini.. Dari alamat tersebut dapat kita ketahui Knol merupakan salah satu site produk Google.

2. berisi artikel-artikel yang dibuat oleh pengguna..
Di dalam interface yang akan kita temui di sana, kita dapat menulis seperti halnya kita menulis artikel di blog ini. Dengan
google account yang kita miliki kita dapat sign in dengan mudah ke dalam Google Knol..

3. ruang lingkup dari "konsep ilmu pengetahuan hingga informasi medis, dari geografi dan sejarah sampai hiburan, dari informasi produk, sampai instruksi cara membetulkannya."..
Tulisan kita dapat berisi sebuah konsep ilmu pengetahuan, hiburan, info produk, tips sampai sebuah artikel tentang definisi sebuah kata dapat kita tuliskan di Google Knol.

4. Situs ini dianggap sebagai usaha Google untuk menyaingi Wikipedia.
Mungkin saja.. tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya... Wikipedia dan Knol (akan) memiliki tujuan yang sama dalam perkembangan dan perjalanan mereka masing-masing, yang intinya sebagai bank ilmu pengetahuan.

5. permintaan untuk membuat "knol" hanya oleh undangan...
Saya sendiri belum memahami arti bagian ini. Mungkin ketika artikel tentang definisi Knol ini dibuat, untuk menjadi member atau membuat sebuah account pada Google Knol haruslah mendapatkan rekomendasi dari seseorang terlebih dahulu. Sementara pada saat saya sign in untuk masuk ke Google Knol cukup dengan menggunakan google account saya.

Setelah mempelajari sekilas tentang Google Knol ini ada beberapa hal menarik yang saya dapatkan di antaranya adalah tentang kemiripannya dengan Wikipedia, kesempatan untuk memasang google adsense di artikel kita dan pe-ranking-an artikel di Google Knol seperti halnya pada situs atau blog yang ada di dunia maya ini.

Perbedaan Wikipedia dengan Google Knol
Perbedaan antara Wikipedia dengan Google Knol yang paling mendasar terletak pada author tiap artikelnya. Pada Wikipedia, sebuah artikel tentang hal apapun merupakan buah pemikiran dari banyak orang atau boleh kita katakan merupakan sebuah forum diskusi terbuka tentang suatu hal. Dapat diedit oleh siapapun yang memiliki Wiki account. Sedangkan dalam Google Knol, sebuah artikel merupakan milik atau hasil dari buah pemikiran seorang individu, dapat juga sebuah kelompok tertentu. Dapat diedit hanya oleh si pemilik atau author artikel tersebut. Di dalam Knol memungkinkan terdapat beberapa artikel yang membahas tentang satu hal yang sama atau dengan kata lain satu hal yang sama dapat dibahas di banyak tempat yang berbeda di dalam Knol.

Memasang Google Adsense
Pengguna dapat memanfaatkan artikel-artikelnya untuk memasang channel google adsense yang mereka miliki. Di sini google juga tidak menutup mata bahwa Knol merupakan salah satu produknya yang juga difungsikan sebagai ajang untuk memasarkan iklannya.

Artikel di Knol juga diranking oleh google
Google juga meranking artikel yang telah dipublish di Knol. Hal ini tentu saja menggunakan algorithma google search engine yang bagi beberapa orang masih misterius, yang pada intinya sama dengan indexing yang diterapkan pada situs yang ada di dunia maya.. Namun tentang bagaimana sistem perankingan pada Google Knol ini masih belum saya ketahui lebih spesifik.

Sekilas tentang Knol di atas benar-benar singkat saya tuliskan di sini dan bagi saya merupakan pengenalan awal semata. Ini semua masih tebatas kepada apa yang saya ketahui. Saya menyarankan anda untuk mencari dan mempelajarinya lebih dalam lagi pada sumber lain yang lebih terpercaya. Atau silakan anda langsung menuju ke TKP untuk dapat melihatnya secara langsung.

Apabila terdapat kesalahan tentang Google Knol pada artikel ini, saya mohon anda untuk menyampaikannya di kolom komentar.



Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



31 komentar:

  1. Kayaknya bermanfaat banget dong ya Gogle Knol ini? thankyou banget bli atas infonya!

    BalasHapus
  2. saingan wiki, tapi apa bisa ngalahin wiki?

    BalasHapus
  3. wah telat komentar nih kang, wah baru tahu nih google knol, kayaknya asik juga tuh, sip kang terus beri informasi berharga kayak gini.
    nambahin aja kang untuk nomer 5, mungkin begini waktu google knol ini dibuat bersamaan dengan diluncurkannya googlemail atau biasa dikenal gmail, kan dulunya untuk memiliki account gmail harus ada yang mengundang atau invite lebih dahulu baru kita bisa mengunakan layanan email google ini.maaf kalo salah ya kang, sekedar mengira-ngira saja kok.

    BalasHapus
  4. Aduh telat jadi pertamax, jadi bansin campur aja deh...
    Tapi menurut saya, wikipedia lebih bagus dibandingkan knol nantinya.

    BalasHapus
  5. ada yang baru ya dari kang ghoogle. ato aku yang kurang update?

    BalasHapus
  6. apapun yang terjadi, kita musti mendukung wiki maupun knol selma memiliki tujuan yang baik

    BalasHapus
  7. menarik sekali info nya, saya akan coba berselancar lebih dalam lagi tentang google knot. Thank's for the information, kang riasmaja :)

    BalasHapus
  8. hehe.. aku nggak tau soal google knol sebelumnya..
    good info, jadi pengen tau nih...

    BalasHapus
  9. @Ani: bermanfaat sekali mbak, kan sebagai salah satu bank ilmu pengetahuan tuh..

    @Bayu Aditya: Mmm.. kita lihat saja nanti kang..

    @Oeoes: Ooo iya kang.. saya baru ingat waktu itu account gmail saya hasil undangan dari temen saya... terimakasih kang dah menambahkan..

    @Ridho: Memang Wiki akan sedikit "berwibawa" bila dibandingkan dengan Knol, karena Wiki merupakan buah pikir banyak orang sementara Knol merupakan buah pikir pribadi.. Lebih bagus atau lebih jelek akan tergantung ke kita masing-masing..

    @hanggadamai: *i see = saya melihat*.. mm.. apanya yang dilihat kang..? he.he.he..

    @alief: He.he.. iya kang.. saya juga baru tau ini..

    @alif: tujuan keduanya baik kang.. sebagai bank ilmu pengetahuan..

    @Fajar Indra: Wah.. silakan kang..

    @Tyas: Iya mbak.. keterangan di atas singkat banget.. alangkah baiknya ke TKP langsung.. biar lebih mudheng lagi.. he.he.he..

    BalasHapus
  10. Nice info, yang penting bagi saya setuju dengan om rias yaitu baik wiki maupun knol merupakan " bank ilmu pengetahuan" . tanpa melihat persaingan di antara situs ini. Yang penting kita dapat menyerap ilmu dari kedua sitius ini. Bukankah semakin di mudahkan kita dan di perkya ilmunyad engan adanya penambahan situs knol ini.

    BalasHapus
  11. Wah, saya sama sekali belum tau ttg Google Knol nie, heheee..

    Tapi saya sepakat ama Subagya, semakin banyak "bank pengetahuan" semakin mudah kita memperkaya ilmu..

    Sip dah. Trims infonya..

    BalasHapus
  12. sudah lengkap kok kang untuk postnya..yg jelas point nomor 4 lah yang kita cari sebagai seorang yang haus akan ilmu..asal jangan haus beneran disini yah..hehehe..

    good post kang..sukses selalu..:)

    BalasHapus
  13. Baru tau tuh, maklum jarang online hehe..Mudah2 Wiki dan Knol bisa akur.

    BalasHapus
  14. @Subagya: Yup setuju kang.. siip..

    @Wendra Wujaya: sama kang.. saya juga baru tau koq.. bener, yang penting bisa untuk memperkaya ilmu..

    @Blogger Addicter: iya kang.. yang nomer 4 memang butuh pembuktian sendiri-sendiri.. terimakasih kang..

    @Teguh: Kalo gak tengkaran kan masih akur-akur aja tuh kang.. Itu semua kan masih kata orang..he.he.he..

    BalasHapus
  15. baru tau nich.. thank ya mas infonya

    BalasHapus
  16. sama lah kaya wiki.. cuma ya itu.. ada lahan untuk adsense-nya juga, gimana yah.. suka takut "berubah arah".

    Tapi sebagai wujud supaya tidak dibilang skeptis.. saya juga masukkin 1.. *baru satu* knol disitu.. tapi ya itu.. kalau saja berlanjut beritikat baik pakai nama "Knowledge".. "pengetahuan", mungkin bisa terus termaknai sebagai "Google KNOL".. semoga.

    BalasHapus
  17. semakin banyak cara saja yang digunakan OLeh PAMAN GOOGLE supaya bisa mengatasi saingan2nya. tambah kaya lagi nie GOOGLE,

    TAPI diluar sisi negatif ada banyak hal yang bisa berguna nantinya untuk USER GOOGLE.. aku harap semua itu terlaksana

    BalasHapus
  18. oh baru tahu sekarang. thx infonya

    BalasHapus
  19. @Benny: iya kang sama-sama..

    @firdaus: wah rupanya kang firdaus malah lebih tahu banyak tentang Knol ini..

    rupanya adsense yang ditawarkan Knol ini merupakan salah satu senjata untuk menarik pengunjung..

    @kapanpun: semoga kang.. kita tunggu dan lihat saja nanti..

    @kw: semoga bermanfaat kang..

    BalasHapus
  20. lebih kearah jawaban dari sebuah foeum ya?

    BalasHapus
  21. Wah wawasan saya nambah nih... makasih ya mas :)

    BalasHapus
  22. hmmm... informasi baru buatku... kayanya ga ada habisnya ya.. kalo ga update kesini bisa ketinggalan berita nih... thanks bro..

    BalasHapus
  23. wah disini bener bener jadi gudang ilmu nih.... hehehehe informasinya bagus bagus bro

    BalasHapus
  24. mike baru tau ttg knol di sini nih mas rias..
    lumayan nih buat nambah2 info..:)

    BalasHapus
  25. yuu huu...udah lama nih mau nuls gak jadi2..akhirnya udah dibahas disini..
    asyiiiikk..
    oh ya...t4 Om Ariel juga bahas...

    BalasHapus
  26. @Masenchipz: mmm.. forum apanya ya kang.. he.he.. maaf.. singkat banget soalnya..

    @Taktiku: sama-sama kang..

    @Daniel GM: wah kang Daniel bisa aja.. berita di sini padahal dah ketinggalan jauh ma yang lain loh kang.. he.he.he..

    @Revarius: terimakasih banyak kang..

    @Mike: iya kang.. kita saling sharing ya kang..

    @Jovie: Iya mbak.. sebenarnya sudah banyak yang membahasnya.. ini hanya tulisan saya sebagai seorang pemula.. he.he.he..

    BalasHapus
  27. baru sedikit memiliki gambaran setelah lama dengar istilah ini..thank infonya :)

    BalasHapus
  28. Aku mau komen tp agak ga mudheng je mas. Piye jal?

    BalasHapus
  29. @Tony: sama-sama kang..

    @Eeda: waah.. gak papa mbak.. ngertinya ntar sambil jalan juga gak papa.. yang penting sekarang kan dah komen... he.he.he..

    BalasHapus
  30. hmmm..yayaya...nambah lagi nih sumber pengetahuan saiah...semoga aja knol ada bhasa indonya..hehe

    BalasHapus