Minggu, 01 Februari 2009

Windows Tweak Tool Palsu

Windows Tweak Tool
Sering kali kita menggunakan beberapa tweak tool pada Windows kita agar kinerja dari windows kita tersebut dapat terdongkrak secara signifikan. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua tool tersebut dapat meningkatkan kinerja seperti yang kita harapkan. Tidak jarang tool tersebut justru memperburuk kinerja Windows kita yang semula memang kurang optimal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman sebelum kita menggunakan tweak tool yang ditawarkan, dengan tujuan agar kita tidak lagi secara sembarangan mencoba dan tergiur dengan janji peningkatan kinerja yang ditawarkan oleh para pengembanganya.

1. Mematikan kernel-swap. Pada dasarnya proses ini hanya memberikan nilai registry "1" pada entry registry "DisablePagingExecutive". Menurut Microsoft, modifikasi nilai ini berguna ketika SP3 untuk Windows NT/XP belum muncul. Saat ini, entry tersebut masih tetap ada hanya untuk alasan kompatibilitas, dan tidak memiliki fungsi apapun. Bahkan Tune Up Utility yang harganya sangat mahal juga menawarkan 'tweak' ini.

2. Mengoptimalkan RAM. Untuk tweak yang satu ini sangat sering kita dengar. Dan semua dari tool yang menawarkan tweak ini memberikan efek yang tidak kita harapkan yaitu menyebabkan kinerja dari komputer kita menjadi lebih parah. Windows pada dasarnya menyimpan file yang sering digunakannya di dalam RAM. Dengan demikian file tersebut dapat diakses dengan sangat cepat. Bila anda membersihkan RAM itu berarti file tersebut akan diakses kembali dari harddisk yang memakan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan akses dari RAM. Selain itu, akses harddisk yang terlalu sering dapat membebani komponen mekanik yang membuatnya akan cepat rusak.

3. Membersihkan Prefetch. Dengan bantuan fungsi prefetch, Windows akan mengoptimalkan proses boot. Untuk itu ia menyimpan file yang dibutuhkannya ke dalam folder prefetch. Apabila anda menghapus file-file ini, Windows harus membuatnya lagi sehingga menyebabkan proses booting menjadi lebih lama.

4. Mematikan Logo Boot. Sering kita mendengar pendapat bahwa dengan menambahkan parameter '/noguiboot' ke dalam ke dalam file 'boot.ini', Windows dapat booting lebih cepat karena tidak perlu menampilkan logo pada saat booting. Hal ini sebenarnya sangat tidak efektif mengingat Windows mengambil file secara paralel bukan satu demi satu. Bilapun ada perbedaan maka hanya terbilang dalam hitungan nanodetik.

5. Mematikan layanan QoS (Quality of Service). Tips untuk mematikan layanan QoS ini sampai saat ini masih saja ada. Dikatakan disana bahwa Windows menyediakan sekitar 20% bandwidth yang ada untuk layanan ini. Padahal sejak bertahun-tahun yang lalu Microsoft telah memerangi kebohongan ini.

Hanya ada 5 pedoman yang bisa membantu kita untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan Windows di komputer kita lewak tweak tool yang ditawarkan. Dengan kelima pedoman itu diharapkan kita dapat memilah tweak yang mana saja yang benar-benar memberikan kinerja optimal dan mana saja yang hanya memperburuk kinerja komputer kita, dari sekian banyak tweak yang terdapat dalam satu paket tweak tool tersebut.

Selamat mencoba..


Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



7 komentar:

  1. Tambahan : gunakan tweak tool yg sudah terkenal, kalo blom terkenal coba cari review nya di internet untuk memastikan apakn tweak tsb layak di pakai

    BalasHapus
  2. ndak paham kang, ane ndak pernah maen tweak2an

    BalasHapus
  3. waduh, windows tweak tool itu apa yaa..??

    BalasHapus
  4. itu alat untuk membantu lancarnya kerja windows xp mas,kalao gak salah loh :D

    BalasHapus
  5. wah...., jadi selama ini aku keblinger dong???

    BalasHapus
  6. wah emang bnyk skrng bajakan :D .... Waspadalah :D

    BalasHapus
  7. klo daku pakenya kalo ga advanced system care ato tune up utilities 2007.selama ini lumayan hasil kerja keduanya.

    BalasHapus