Jumat, 04 Juli 2008

Memilih Tarif termurah Akses Mobile Internet.

Pengin internet gratisan? Kayaknya semua orang yang "sakaw bandwidth" pengin punya akses internet gratisan. Banyak cara yang telah dibahas di seminar dan pelatihan, ebook dan buku-buku cetakan lainnya. Dari cara membuat antena kaleng sampai cara memanfaatkan celah operator seluler. Namun pada kesempatan ini saya akan membahas tentang tarif akses mobile internet yang telah ditawarkan oleh beberapa operator seluler yang beroperasi di negara kita. Ada dua perhitungan tarif yang diberlakukan yaitu berbasis volume dan berbasis waktu. Mana yang lebih enak? Bagi koneksi berkecepatan tinggi seperti 3G akan lebih cocok menggunakan time base. Pasalnya kita bisa mendownload berapapun kapasitas file dalam waktu yang singkat. Namun bila penggunaan internet hanya sebatas surfing tanpa download file yang kapasitasnya besar lebih cocok menggunakan volume base. Operator seluler yang menerapkan tarif berdasarkan waktu:
  1. Indosat (Mentari dan IM3), tarif Rp.100 permenit
  2. Telkomsel Flash, tarif Rp. 350 permenit (ritel). Menawarkan paket akses Rp. 30 per 3 jam masa laku 3 hari, dan Rp. 100 ribu per 24 jam masa laku 7 hari (promo samapai 10 hari). Sisa waktu pemakaian yang melebihi masa laku akan hangus.
  3. Telkomsel Flash paket bulanan, tarif Rp. 200-800 ribu untuk penggunaan 40-450 jam. Jika dihitung, tarif tersebut setara dengan Rp. 53-83/KB. Hanya berlaku untuk pengguna kartu Hallo.
Operator Seluler yang menerapkan tarif berdasarkan volume:
  1. Indosat M2, menyediakan paket Rp. 160 ribu untuk kuota 700 MB sampai Rp. 1 juta untuk kuota 5 GB. Jika dihitung, setara dengan Rp. 0,2/KB. Kelebihan kuota dikenakan Rp. 0,4/KB.
  2. Telkomsel Flash, menyediakan paket Rp. 250 ribu untuk kuota 500 MB (Rp. 0,5/KB), Rp. 525 ribu untuk kuota 3 GB (Rp. 0,175/KB). Kelebihan kuota dikenakan Rp. 1/KB
  3. XL, menyediakan paket megadata (Rp. 99 ribu untuk kuota 250 MB) dan gigadata (Rp. 499 ribu untuk kuota 3 GB), atau berarti Rp. 0,166/KB. Untuk XL ritel dikenakan tarif Rp. 10/KB.
  4. Indosat (Mentari dan IM3) dikenakan tarif Rp. 1/KB.
Namun yang paling menarik dari akses mobile internet yang ditawarkan oleh operator seluler adalah AXIS, yang memberikan gratis perbulan 100MB. Namun promo ini akan segera digantikan dengan akses berbayar Rp. 0,1/KB untuk 10 MB pertama, selebihnya Rp. 1/KB berlaku untuk tiap harinya. Kalo tidak salah promo ini akan berakhir akhir Agustus tahun ini. Mmmm.... Kenapa gak dimanfaatkan aja...

Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



12 komentar:

  1. jadi.. kalo terpaksa nih pake sambungan internet seluler... Mana yang lebih... efisien (soalnya kalo cari yang bener-bener murah.. rada pusing.. semuanya bilang murah..)

    Sudah pernah coba yang mana ketut?

    BalasHapus
  2. Kalo saya se sudah pake yang indosat (mentari), soale bisa dibuat time base ama volume base. Gak ribet harus punya banyak kartu. Kalo mau volume base username ama paswordnya "indosat", kalo mau make time base tinggal nambahin "@durasi" dibelakang kata indosat nya. Praktis...!

    BalasHapus
  3. tapi kalo surfing diperhatikan juga kan situs2 yang dijelajahi itu, misalnya kalo online berdasarkan Volume based tapi surfingnya ke youtube, game online, atau yahoo yang banyak animasinya sama aja jebol tuh pulsa hape..
    mending yang gratisan aja di kantor masing2..

    BalasHapus
  4. ya nggak ?? heheheh :-)
    tambah rame son...

    BalasHapus
  5. @pathegalan : kalo yang gak punya kantor mas?? he..he..

    BalasHapus
  6. Lha itu masalahnya... Kalo yang Gak Punya Kantor... Apalagi kantornya yang bisa pindah-pindah kayak gini, nomaden... setaon di surabaya, seminggu di ambon sebulan di makassar... eh balik lagi ke surabaya...wah repot..
    Jadi bersyukurlah wahai yang memiliki kantor tetap... hik..

    BalasHapus
  7. Udah kok, udah gw manfaatin... ^^ dulu waktu masih gratisan 100 MB, hampir tiap hari gw internetan salh satunya bikin banyak blog.. tapi kalo sekarang karena gratisannya dah ga lagi jadinya rada-rada jarang ol. coba ya kalo ada lagi kartu GSM yg gratisan kaya axis, uh.... blog gw mangkin banyak tuh.... ^^

    BalasHapus
  8. axis mas murah....(bukan promosi)0.1rp di 10MB pertama/hari dan 1rp setelah 10MB

    BalasHapus
  9. @firdaus.a] kalu gak punya kantor, kantor orang aja di claim mas, hehehehhee

    BalasHapus
  10. wah ternyata akses internet via telephone selular masih mahal ya....kl axis kelihatan nya menawarkan lebih murah ni...

    BalasHapus
  11. @gadget news: iya ya.. coba kalo ada lagi.. enak tuh..

    @afithk: *Yah.. kan dah ada tuh keterangannya...*

    @Oeoes: Waduh.. jangan kang..! Bisa perang antar kantor tuh..

    @Kang Boim: Iya kang.. Kan GSM yang "Baik" katanya *Ups... bukan promosi loh..*

    BalasHapus
  12. Pokoknya AS forever.. gak ada matinya.. hehehehe

    BalasHapus