Rabu, 23 Juli 2008

Plus dan Minus Beberapa Metode Pengiriman Artikel Via Email dengan HP (Blogger Moblog 2)

Untuk memberikan apresiasi pada komentar dalam artikel Blogger Moblog yang sekiranya sangat panjang bila saya membahasnya kembali di dalam kotak komentar, maka artikel ini merupakan Moblog seri ke-2 dari artikel tersebut.

Namun di sini saya mencoba memfokuskan pada permasalahan yang dibahas dalam artikel itu untuk lebih memperjelas dalam hal memanfaatkan fasilitas pengiriman email pada mobile device (dalam hal ini handphone) untuk mengupdate blog kita. Untuk itu pembahasannya hanya sekitar google mail atau Gmail.

  1. Mengirim email dengan memanfaatkan fasilitas email client pada handphone.
  2. Mengirim email dengan memanfaatkan situs mobile dari Gmail yang diakses via handphone.
  3. Mengirim email dengan mamanfaatkan software Gmail di handphone kita.
  4. Mengirim email dengan memanfaatkan mini browser di handphone kita maupun mini browser dari pihak ketiga.


Saya kira empat hal di atas yang menjadi inti tujuan langkah kita mengoptimalkan fasilitas pengiriman email dalam mobile device kita (handphone) yang berhubungan erat dengan kemudahan atau fasilitas yang diberikan Blogger kepada kita untuk mengupdate blog kita.


Jadi kata kuncinya adalah: email, Gmail, handphone (mobile device), update blog, Blogger. Dan bila boleh saya kembangkan lagi menjadi Mengoptimalkan Layanan Email dengan account Gmail untuk Mengupdate Blog Blogger via Mobile Device (handphone). *norak banget temanya.... maklum newbie *

Saya tidak akan membahas cara dari empat metode di atas secara rinci. Namun mari kita pahami satu persatu kelebihan dan kekurangan 4 metode di atas dalam hal mengirim email (dalam hal ini Google Mail) menggunakan handphone..

1. Mengirim email dengan memanfaatkan fasilitas email client pada handphone.

Cara ini tidak menggunakan software pihak ketiga maupun mini browser yang disediakan oleh handphone.Yang perlu diperhatikan dengan cara ini adalah pengaturan pesan email client di handphone kita (mohon maaf tidak saya jelaskan di sini karena tiap operator selular berbeda pengaturannya).

Kelebihan:

- Pada saat pengiriman email kita tidak perlu memasukkan lagi username dan pasword kita lagi karena sudah tersimpan dalam pengaturan pesan email.

- Yang kita kirim merupakan text, sehingga kapasitanya pun kecil (Mirip seperti kita mengirim sebuah SMS).

- Kita dapat menghemat biaya koneksi internet, karena hanya berlangsung ketika kita klik send sampai email itu diterima oleh tujuan dan salinannya dikirimkan ke inbox email google kita. (kecepatan tergantung dari koneksi operator masing-masing)

- Sangat murah. Sebagai contoh saya mengetikkan artikel yang kira-kira panjangnya sampai dengan baris ini (di handphone), hanya berkapasitas 3 kB (tertera di bagian header area teks). Apabila dihitung dengan biaya per kB koneksi GPRS maka akan dikenakan biaya 3 x Rp.1,- = Rp. 3,- (asumsi per kB sebuah operator selular adalah Rp. 1,-) dan ditambah lagi dengan biaya mampir ke inbox Gmail yang kira-kira memerlukan biaya yang sama.



Kekurangan:

- Tampilan hasil postingan tidak bisa langsung kita lihat, sehingga kita sering merasa tidak sreg terhadap apa yang baru saja kita posting.

- Pengaturan email client membutuhkan tingkat ketelitian yang ekstra. Bila tidak teliti maka jangan harap email kita dapat terpublish di blog kita.



2. Mengirim email dengan mamanfaatkan software Gmail di handphone kita.

Kita cukup mendownload software dari situs mobile gmail dan menginstalkannya ke handphone kita.

Kelebihan:

- Kita masuk acc gmail kita langsung di panel sign in.

- Tampilan inbox seperti yang tertampil di komputer, namun menggunakan mode mini, sehingga kapasitasnya download nya cukup kecil.

- Bila ingin mengirimkan email, tinggal ketik isi email, alamat yang dituju dan klik send, langkahnya sama seperti yang ada di browser komputer (menu dalam mode mini).



Kekurangan:

- Penggunaan koneksi GPRS masih lebih banyak bila dibandingkan dengan metode pertama.



3. Mengirim email dengan memanfaatkan situs mobile dari Gmail yang diakses via handphone.

Bagi kita pengguna Gmail dapat mengakses situs mobile nya via handphone di http://m.google.com. Akan terlihat tampilan depan dan kita pilih mail. Kemudian kita masukkan username dan pasword, dan masuklah dita ke inbox email kita. Pengiriman email memerlukan proses yang sama dengan browser pada komputer.

Kelebihan : idem dengan metode keempat
Kekurangan : idem dengan metode keempat.

4. Mengirim email dengan memanfaatkan mini browser di handphone kita maupun mini browser dari pihak ketiga.

Selain mini browser yang telah dimuat di dalam HP ber OS symbian, ada pula mini broser dari pihak ketiga seperti Opera Mini. Opera mini adalah memang dikhususkan bagi pengguna HP untuk berselancar di dunia internet agar seolah-olah seperti dari browser internet di komputernya. Atau dengan kata lain opera mini atau mini browser pada handphone merupakan bentuk "bonsai" dari browser yang ada di komputer.

Kelebihan:

- Fasilitas yang diberikan lengkap

- Seolah-olah browsing dari browser di komputer

- Dalam hal pengiriman email, maka langkah yang harus ditempuh sama dengan apabila kita menggunakan browser pada komputer.

- Dapat mengirimkan attach file pada email yang akan dikirim.

- Update blog dapat langsung masuk ke acc blog kita sehingga kita akan merasa sreg karena kita bisa melihat secara langsung apa yang kita update (tidak perlu menggunakan email).

- Atau bila lewat email kita bisa kita kirim dari email dengan masuk terlebih dahulu ke acc mail kita seperti biasa. (Bisa juga dengan menggunakan metode ketiga).



Kekurangan:

- Dalam hal kebutuhan koneksi GPRS, metode ini memerlukan waktu dan langkah yang banyak. Mulai dari ketik alamat domain email-masuk ke acc-inbox-compose mail-ketik alamat, isi email-compose.

- Karena banyaknya langkah yang diperlukan maka koneksi GPRSnyapun akan semakin mahal.

Metode ketiga dan keempat boleh dikatakan sama. Perbedaannya adalah pada situs yang dikunjungi untuk mengakses email kita.

Nah yang saya maksud dari artikel sebelumnya adalah penggunaan metode pertama dalam hal mengupdate blog kita...

Kira-kira seperti itu poin dari pengiriman email via handphone untuk mengupdate blog kita. Bagi yang ingin mencobanya silakan memilih kira-kira mana yang paling cocok untuk anda. Atau tidak memilih samasekali (karena komputer atau laptop lengkap dengan koneksi internet selalu tersedia)?

Itu semua saya kembalikan kepada anda...

Let's make a better life with being a wiser men...

Posting yang Berhubungan Berdasarkan Kategori:



11 komentar:

  1. Akhirnya, saya jadi komentator pertama. Suatu kehormatan bagi saya untuk menjadi yg pertama. Langsung aja deh, komentar saya tentang blog ini :
    " Walaupun saya gak bisa praktekkin cara yg satu ini, tapi lumayan buat nambah ilmu. Maklum, hape saya esia... "
    Sekian, jangan lupa main ke blog saya.

    BalasHapus
  2. untungnya sekarang masih nyaman pake PC drpd pake hape..hi..hi..
    tp mantap nih infonya,lumayan nambah ilmu..:)

    BalasHapus
  3. @Ridho & Mike: lumayan buat nambah ilmu... tapi lebih bagus kalo dipraktekin kang... itung2 kita prepare kalo suatu saat kita menghadapi situasi dimana kita sedang di luar kantor/rumah, sedang tidak bawa laptop, dan cuma HP yang kita bawa.. Pengin posting lagi.. he.he.he..

    BalasHapus
  4. thanks infonya kang, wah tambah canggih aja nich kang , sayang hapeku hape butut isana cuma sms dan telp doang gak ada fasilitas gprs dan lainnya, kalau saja yang memposting ini mau membelikan hp yang bisa untuk GPRS-an aku bisa langsung praktek, kalu bisa sekalian ma pulsanya ya....!!!sambil memelas

    BalasHapus
  5. Wow ... good posting and crucial !!!

    BalasHapus
  6. keren neh postingan nya.. ntr mau coba ahh.. thx ya info na

    BalasHapus
  7. hihi..CihuYY.. Pak Ketut..

    Lagi mendalami ilmu Gmail nih..?? hehe

    Kalo Jovie tetep mendalami Yahoo aja..
    nanti biar kapan2 bisa tarung..
    eh..tukar info maksudnya..

    BalasHapus
  8. @Oeoes: ha.ha.ha.. bisa aja kang oeoes. yang minta beliin harusnya saya kang.. he.he.he..

    @abang: terimakasih kang andi, ni cuma sharing aja..

    @Debrian: silakan dicoba kang.. bagus loh.. he.he.he..

    @Jovie: iya mbak.. kebetulan kan kita ni ada di blogger tuh.. sekalian sharing apa yang saya tau..

    Kalo tarung mah.. saya gak berani *menyakiti wanita*.. kalo tukeran info ayo mbak.. he.he..

    BalasHapus
  9. saya udh pernah coba nih...tp kok ga bisa ya....kira2 salah dimana ni :D :D

    BalasHapus
  10. @Kang Boim: silakan dilirik di post Moblog bagian ketiga kang.. itu ada Settingan POP pada HP nya.. mungkin aja ada yang salah disitu.. sementara khusus HP Nokia dulu, soalnya saya pake HP itu

    *ups bukan promosi loh ya..*

    BalasHapus
  11. makasih ya ilmunya nih..

    BalasHapus